7 Cara Jitu untuk Pilih Barbershop yang Tepat December 4, 2019 – Posted in: Insiprasi, Tips Gentleman – Tags: , , , , ,

Bagi cowok kekinian, memotong rambut di barbershop profesional sudah menjadi suatu kebiasaan. Barbershop saat ini memiliki kapster-kapster andal dan profesional yang bisa membuat tampilan rambutmu lebih stylish dan trendi. Ditambah lagi, banyak pula barbershop yang menawarkan beragam layanan tambahan selain potong rambut, seperti shaving, creambath, serta pijat bahu dan kepala.

Namun, banyaknya barbershop yang tersedia mungkin akan membuatmu bingung untuk memilih mana yang paling tepat. Nah, agar tidak salah pilih, kamu bisa menerapkan tujuh cara pilih barbershop berikut ini.

1. Bertanya pada teman

Bertanya pada teman

pixabay.vom

Salah satu cara yang paling mudah untuk memilih barbershop adalah dengan bertanya kepada teman atau kenalanmu. Cara ini terbilang efektif, karena kamu bisa mendapatkan rekomendasi barbershop yang berada di sekitar rumah atau tempat kerjamu.

Jadi, jika ada sahabat atau teman kerjamu yang potongan rambutnya selalu terlihat rapi dan bergaya, jangan ragu untuk menanyakan barbershop mana yang menjadi langganan mereka. Tanyakan pula pendapat mereka tentang barbershop itu dan bagaimana pengalaman yang mereka rasakan saat memotong rambut di sana. Siapa tahu, barbershop yang jadi langganan temanmu bisa menjadi langgananmu juga.

2. Lakukan riset online

Lakukan riset online

pixabay.com

Jika sudah mendapatkan rekomendasi barbershop dari teman, tidak ada salahnya untuk mencari tahu lebih banyak tentang barbershop tersebut. Lakukan riset kecil-kecilan dengan mengakses website atau akun media sosialnya jika ada. Biasanya, barbershop yang terkenal dan menawarkan layanan profesional sudah memiliki website sendiri serta cukup eksis dan mudah ditemukan di media sosial.

3. Baca review

Baca review

pixabay.com

Dalam cara pilih barbershop, poin yang satu ini bisa membantumu menemukan tempat potong rambut yang paling tepat. Untuk bisa menilai pelayanan suatu barbershop, kamu harus perhatikan ulasan dari orang-orang yang sudah pernah berkunjung dan menggunakan jasa kapsternya. Review pelanggan seperti ini umumnya bisa kamu temukan di website atau media sosial seperti Instagram dan Facebook.

Selain review tertulis, lihat juga foto-foto dari gaya rambut pelanggan yang sudah datang. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan sedikit gambaran bagaimana rambutmu akan dipotong nantinya.

4. Pilih barbershop yang menawarkan beragam layanan

Pilih barbershop yang menawarkan beragam layanan

pixabay.com

Banyak kaum pria yang datang ke barbershop hanya untuk potong rambut. Namun, saat ini, tidak sedikit barbershop yang memiliki layanan lebih dari sekadar memotong rambut pelanggan. Ada yang menawarkan konsultasi untuk menentukan model rambut yang paling sesuai dengan kepribadian dan gaya hidupmu. Ada pula yang menghadirkan layanan tambahan seperti pijat bahu, cukur kumis dan jenggot, hingga pewarnaan rambut.

Jadi, untuk memilih barbershop yang paling tepat, kamu harus mempertimbangkan layanan yang ditawarkan. Barbershop dengan layanan yang bervariasi biasanya lebih bisa memberikan hasil yang memuaskan.

5. Cek kebersihan barbershop

Cek kebersihan barbershop

pixabay.com

Setelah mencari tahu info tentang barbershop secara online, kini saatnya kamu mencari tahu lebih banyak dengan berkunjung ke lokasi barbershop tersebut. Hal pertama yang harus diperhatikan adalah kebersihan tempatnya. Kamu bisa menilai sendiri apakah barbershop itu bersih, nyaman, dan sesuai dengan keinginanmu.

Kebersihan tempat bukan satu-satunya hal yang harus diperhatikan. Kamu juga harus mengecek penampilan dan kebersihan kapster serta para pegawai yang bekerja di barbershop. Perhatikan pakaian, gaya rambut, hingga bagaimana mereka menjaga kebersihan alat-alat cukur yang digunakan. Memastikan semuanya bersih dan higienis akan membuatmu semakin nyaman saat menggunakan jasa barbershop tersebut.

6. Pilih barber yang berpengalaman

Pilih barber yang berpengalaman

pixabay.com

Layanan dan kebersihan tempat belum cukup memastikan apakah barbershop tersebut adalah pilihan yang paling tepat. Meski kedua faktor itu sama pentingnya, hal yang lebih penting untuk diperhatikan saat memilih barbershop adalah skill dan pengalaman barber atau kapsternya. Barber yang berpengalaman pasti akan bisa memotong rambutmu sesuai dengan model atau gaya yang diinginkan.

Skill seorang barber umumnya bisa dinilai dari alat-alat cukur yang tersedia dan bagaimana mereka menggunakannya. Namun, selain mempertimbangkan skill dan pengalamannya, pastikan pula barber yang kamu pilih cukup ramah dan bersahabat. Dengan begitu, kamu tidak akan merasa segan atau canggung selama berada di sana.

7. Pertimbangkan spesialisasi barbershop

Pertimbangkan spesialisasi barbershop

pixabay.com

Saat ini, ada beberapa barbershop yang memiliki spesialisasi tertentu, seperti barbershop untuk gaya rambut formal, gaya harajuku, atau gaya rockabilly khas penyanyi barat era 1950-an. Salah satu tujuannya adalah menonjolkan keunikan dan menarik pelanggan yang menyukai style rambut yang khas.

Jika ingin memotong rambut dengan gaya yang lebih spesifik, pilihlah barbershop dengan spesialisasi yang kamu inginkan. Jadi, hasil potongan rambutmu akan terlihat lebih keren dan sesuai keinginan.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memilih barbershop yang paling tepat. Setelah menerapkan tujuh cara pilih barbershop di atas dan mendapatkan gaya rambut yang kamu inginkan, jangan lupa untuk selalu merawat rambutmu setiap hari, ya!

Gunakan clay dan pomade dari Tezzen untuk merapikan rambut sebelum beraktivitas. Kandungan vitamin E, formula alami, dan varian aroma yang manly dari produk hairstyling Tezzen tentu akan membuatmu tampil lebih percaya diri.