7 Perawatan Pria untuk Pra Nikah agar Tampil Menawan December 25, 2019 – Posted in: Insiprasi, Tips Gentleman – Tags: , , , , ,

Perawatan pra nikah hanya untuk cewek? Siapa bilang? Pria ternyata juga butuh perawatan khusus sebelum hari pernikahan agar tampil istimewa. Perawatan pria zaman sekarang juga bukan hal aneh, terutama karena semakin banyak pria yang sadar penampilan. Kamu pasti tidak mau jika pasanganmu terlihat glowing sementara kamu kusam dan tidak percaya diri!

Perawatan pria sebelum menikah bisa kamu lakukan bersamaan dengan calon mempelai wanita. Pastikan menemukan salon yang bisa memberi perawatan untuk pria dan wanita. Melakukan perawatan bersama-sam bisa menjadi kegiatan mengasyikkan untuk calon pengantin.

Perawatan Pria Wajib sebelum Menikah

Perawatan Pria Wajib sebelum Menikah

pixabay.com

Berikut adalah beberapa kegiatan perawatan yang harus kamu lakukan sebelum menikah.

1. Masker, Facial, dan Scrub Wajah

Wajahmu tentu akan jadi pusat perhatian saat hari pernikahan. Kalau kamu biasanya cuek soal wajah, hindari mulai sekarang. Kamu sebaiknya memulai perawatan setahun hingga enam bulan sebelum hari-H. Lakukan facial setiap tiga bulan sekali, baik di salon maupun dengan produk dari toko. Facial terakhir sebaiknya dilakukan seminggu sebelum hari-H. Lakukan scrub setiap dua bulan agar wajahmu bersih.

Jangan lupa gunakan masker secara teratur. Kamu bisa gunakan masker dari toko atau membuatnya sendiri dari bahan alami. Pepaya, putih telur, yogurt, dan avokad adalah contoh bahan populer untuk masker alami.

2. Merapikan Rambut Wajah

Rambut wajah termasuk perawatan pria di salon yang sering terlewatkan. Kamu pasti tidak mau mempelaimu melihat rambut-rambut yang liar di wajahmu saat hari pernikahan. Perawatannya antara lain merapikan alis, bulu hidung, kumis, dan janggut. Kamu bisa bercukur atau minimal memangkas kumis dan janggut agar lebih apik.

3. Spa dan Lulur

Spa dan lulur adalah perawatan pria pra nikah yang bisa kamu lakukan bersama pasangan. Kamu bisa mengambil paket pasangan di tempat spa yang menyediakan perawatan untuk pengantin. Paket ini biasanya mencakup lulur seluruh tubuh dan pijat. Fungsinya melancarkan peredaran darah, membuatmu lebih segar, serta mengurangi stres.

Perawatan ini biasanya juga melibatkan scrubbing di area tertentu yang susah dijangkau, misalnya di belakang leher dan punggung atau area yang memiliki selulit.

4. Merapikan dan Memutihkan Gigi

Periksa gigimu minimal enam bulan sebelum pernikahan. Dokter mungkin akan melakukan prosedur seperti pengikisan karang gigi dan pemutihan (jika gigimu bernoda). Produk pemutih gigi tersedia di pasaran, tetapi karena berisiko, kamu sebaiknya pergi ke dokter untuk prosedur ini.

Jangan lupa perhatikan kesegaran napasmu. Kurangi merokok dan minum kopi menjelang hari pernikahan agar gigimu tidak kekuningan. Sikat gigi 30 menit setelah makan dan jangan pernah tidur dengan gigi kotor. Kamu tidak perlu berkumur dengan obat kumur karena bisa mengeringkan mulut. Sebagai gantinya, coba rebus sirih dan berkumurlah dengan airnya setiap dua hari sekali.

5. Perawatan Rambut

Mau rambut panjang atau pendek, perawatan rambut tetap tidak boleh dilupakan. Dapatkan rambut sehat dan lembut dengan memilih sampo serta pelembut yang sesuai jenis rambut. Gunakan tonik rambut dan masker secara teratur, dan jangan lupa pijat-pijat kulit kepalamu saat keramas atau menggunakan tonik agar peredaran darahnya lancar.

Jika rambutmu rontok walau sudah menggunakan produk dengan benar, cobalah berkonsultasi ke dokter enam bulan sebelum pernikahan. Dokter bisa merekomendasikan obat atau produk rambut khusus untuk mengurangi kerontokan.

6. Merapikan dan Membersihkan Kuku

Siapa bilang perawatan kuku hanya untuk wanita? Kamu juga harus memperhatikan kukumu agar tidak jorok dan membuat orang memandangmu negatif. Jika kamu tidak ingin melakukan manikur dan pedikur, minimal jaga kuku tetap pendek dan bersih. Kamu juga bisa mencoba merendam kuku dalam campuran air hangat dan jus lemon selama 10 menit untuk mencerahkan kuku.

7. Olahraga dan Makan Makanan Bergizi

Perawatan pria terbaik bukan hanya soal wajah, tetapi juga tubuh. Kamu tidak perlu punya perut six pack sebelum menikah, tetapi paling tidak jaga tubuh tetap sehat dengan berat relatif ideal. Lakukan olahraga yang memadukan pembakaran kalori dengan angkat beban. Paduan ini mengurangi berat tubuh dengan lebih efektif sekaligus membentuk ototmu.

Makan makanan yang kaya protein, vitamin, mineral, dan serat. Konsumsi ikan, telur, tahu, tempe, sayuran hijau, dan buah-buahan segar. Makanan ini tidak hanya membentuk tubuh, tetapi juga menyuburkan rambutmu.

Produk Rambut untuk Tampil Keren

Produk Rambut untuk Tampil Keren

pixabay.com

Sebagai sentuhan akhir, jangan lupa memilih produk styling untuk menjaga penampilanmu tetap keren. Pomade dan clay seperti Tezzen, misalnya, menghadirkan formula untuk menjaga rambut tetap sehat serta wangi. Dengan vitamin E dan active charcoal, rambutmu akan terasa lebih lembut setelah keramas. Kamu pun bisa tampil percaya diri pada hari istimewamu.

Jangan biarkan pasanganmu melakukan persiapan sendiri sebelum menikah. Lakukan perawatan pria secara teratur beberapa bulan hingga setahun sebelum hari-H, dan tampil lebih istimewa saat bersanding dengan pasanganmu di pelaminan.